7 Tips membedakan jam tangan asli atau palsu

7 Tips  membedakan  jam tangan asli atau palsu
Jam tangan kw atau palsu saat ini dapat dengan mudah ditemui di toko-toko jam. Kualitasnya pun beragam, dari yang jelek sampai yang menyerupai dengan aslinya. Biasanya penjual akan menginformasikan kepada calon pembeli kalau produk tersebut asli atau palsu. Namun, ada juga penjual yang tidak jujur dan menjual dengan harga asli padahal arloji-nya tidak original. Nah, untuk menghindari penipuan,disini saya akan menginformasikan cara membedakan jam tangan asli dan palsu sehingga pembaca dapat lebih berhati-hati saat membeli jam.   Sebelum kita mulai, kami akan sedikit menjelaskan mengenai istilah kw yang mungkin bagi sebagian pembaca belum mengetahuinya. Kw adalah sebutan yang umum digunakan untuk menandakan produk tersebut adalah produk palsu. Sebutan ini bukan berlaku untuk arloji saja, namun untuk semua produk lainnya. Misalnya kalau ada yang menyebut sepatu kw, itu berarti sepatu palsu.

kw sendiri ada tingkatannya, ada kw1, kw2, kw3 dan kw Super. kw1 memiliki kualitas lebih baik dari kw2, dan kw Super memiliki kualitas yang hampir menyerupai aslinya. kw sendiri kalau menurut tebakan kami adalah singkatan dari kwalitas.


1.Perhatikan bentuk fisiknya
Jam tangan yang asli dibuat dengan mesin-mesin yang presisi dan berkualitas. Hasilnya casing atau badan jam akan terlihat halus dan semua tulisan yang tercetak maupun terukir akan terlihat rapi. Apabila Anda membeli sebuah jam dengan merk terkenal namun saat dipegang, badan jam terasa kasar dan tulisannya tidak rapi, maka kemungkinan besar produk tersebut adalah palsu.

2.Perhatikan detail logo dan tulisan
Jam tangan ori atau asli mempunyai logo dan tulisan yang jelas. Sebaliknya jam tangan KW akan terlihat kusam dan warnanya blur. Terkadang logo yang tercantum di jam tangan KW pun berbeda dengan logo aslinya. Misalkan saja jam tangan Swiss Army. Logo Swiss Army yang asli adalah bentuk palang putih (+) di dalam perisai. Namun beberapa jam KW justru menampilkan logo palang putih di dalam jajaran genjang. Hal ini memang agak sedikit sulit untuk dicermati apalagi jika anda tidak pernah membandingkan kedua jam antara yang asli dengan yang KW. 

3.Cek mesin jam
Untuk melakukan hal ini memang perlu membongkar arloji dan dibutuhkan pengetahuan tentang tipe-tipe mesin yang digunakan pada jam tangan. Secara garis besar, bagian dalam jam tangan yang original akan terlihat rapi dan presisi. Dibawah adalah contoh mesin MIYOTA yang digunakan pada jam tangan Q&Q Analog original.

4.Cek fungsi dan fitur arloji
Sebaiknya Anda mengetahui spesifikasi dari produk yang akan dibeli. Untuk mengetahuinya bisa membaca di internet atau menanyakan yang sudah memilikinya. Periksa apakah semua fitur jam berfungsi, seperti Stopwatch (Chrono), Timer atau kalau yang memiliki sensor seperti kompas, barometer, thermometer, dll (biasa ditemukan pada seri CASIO PROTREK), cek apakah semua fitur tersebut berfungsi. Kalau fitur tersebut tidak berfungsi, maka Anda sebaiknya mengurungkan niat untuk membelinya.

5.Bagi pecinta jam tangan seperti halnya pecinta tas branded, harus bisa membedakan beberapa perbedaan dari fisik jam tangan asli dengan KW. Perbedaan yang harus diketahui seperti bahan, warna, material, finishing, fungsi atau fitur maupun kelengkapan lainnya. Namun, jam tangan KW juga bisa ditiru sampai hampir menyerupai aslinya. Sebaiknya membeli jam tangan hanya di penjual yang mempunyai reputasi baik, dikenal dan dapat dipercaya. Selanjutnya, pastikan bahwa jam tangan yang akan Anda beli bisa diterima di seluruh service centre resmi.

6.Cek nomor resi dan tipe jam
Setiap tipe jam tangan dari suatu merk jam tangan pasti memiliki nomor seri. Nomor tersebut biasanya sudah secara resmi dan internasional terdaftar di lembaga terkait. Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengetikan nomor seri jam tangan anda lalu browsing di internet. Jika memang nomor itu terdaftar maka jam tangan anda asli. Sebaliknya jika ada keterangan terdaftar maka jam tangan bisa dikatakan palsu. 

7.Harga
Tentu saja harga adalah salah satu faktor penting untuk membedakan jam tangan asli dan KW. Ada pepatah mengatakan bahwa harga tidak pernah berbohong dan hal ini benar adanya. Biasanya, jam tangan KW harganya tidak lebih dari setengah harga dari jam tangan asli. Misalnya saja jam tangan ori merk Swiss Army yang harga aslinya mencapai 3 jutaan, maka yang KW hanya berkisar 500 ribu sampai 1 jutaan. Itupun sudah KW yang bagus. Bahkan untuk KW yang jelek, harganya Cuma 100 – 300 ribuan saja. 

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Comments